TIDAK ADA PELAJARAN YANG TIDAK DAPAT DI MENGERTI DAN TIDAK ADA PELAJARAN YANG TIDAK DAPAT DI SELESAIKAN ( GB )

Selasa, 14 Januari 2014

Sejarah Dan Perkembangan WEB

   Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.

 1. Sejarah Web :
     Sejarah web, dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy John ¨Tim  Berners-Lee, hanya saja pada saat itu web masih berjalan tanpa terhubung jaringan. Web semakin popular ketika mulai terhubungan jaringan internet, yaitu pada akhir tahun 80-an. Saat itu di laboratorium CERN berlokasi di kota Geneva, Swiss menyatakan bahwa web bisa diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.  Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer pada saaat ini.
2. Web Browser :
    Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau mencari informasi.  Beberapa contoh web browser diantaranya seperti:
 1. Google chrome 2. Mozila firefox 3. Internet Explorer 4. Opera 5. Safari
3. Perkembangan Teknologi Web :
   Semakin beragamnya tampilan dan penerapan tekonogi berbasisi desktop mendorong perkembangan teknologi web, baik berupa teknologi tampilan (GUI – Graphical User Interface), atau teknologi browser yang digunakan untuk mengembangkan web. Salah satu bentuk bagian dari perkembangan ini, yaitu dari lahir definisi web pada akhir tahun 90-an. Yang disebut web 2.0. didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informatif, dengan tujuan membuat pengguna semakin dekat, salah satu ciri nya : wiki,blog,social dan network.  Saat ini akses web bukan hanya dapat digunakan melalui komputer melainkan juga smartphone,laptop,netbook. Dengan begitu dengan mudahnya akses web melalui bragam media mana saja.
4. Perkembangan Web Browser .
    Sebuah web Browser adalah program software yang menafsirkan bahasa coding dari World Wide Web dalam bentuk grafik.  Keberhasilan pertama web browser adalah mosaic, yang ditulis Marc Andreesen dan Eric Bina pada tahun 1992 dan dirilis pada tahun 1993. Browser web Mosaic awalnya membuka internet untuk masyarakat umum. Ini memberikan cara menyenangkan untuk menavigasi World Wide Web dan gratis untuk penggunaan pribadi. Untuk bersaing dengan daya tarik jaringan di seluruh dunia internet Pada saat ini terjadi pada pengetahuan tahun 1990, Andreesen telah bemitra dengnan Jim Clark, mantan pendiri Silicon Graphics, untuk membuat web browser andalannya yang baru bernama Netscape.
5.  Netscape merupakan web browser tetap dan web pilihan sampai saat Microsoft mulai pra-kemasan brwoser web mereka sendiri ke dalam sistem operasi Windows.  Netscape dalam banyak hal, terutama dikritik karena masalah keamanan yang sedang berlangsung, banyak bug didalamnya, dan kurangnya sesuai dengan perotokol standar web.  Netscape kemudian dikenal sebagai Netscape Communicator, merilis code sumbernya kepada publik. Muncul sebagai web browser open source yang dikenal sebagai Mozilla kemudian dimiliki oleh AOL. AOL dilewatkan pengawasan mozilla Foundation baru dibentuk, yang berganti nama menjadi browser web ke phoenix dan kemudian untuk Firefox.
6.  Beberapa orang percaya bahwa pangsa pasar yang berkembang akan menjurus pada Firefox dan ini sekaligus mempengaruhi perkembangan Windows Internet Explorer versi 7.0, karena daya tarik Firefox, hal ini adalah sebuah proyek open source yang sesuai dengan protokol dan standar Internet.  Programmer berlokasi di seluruh dunia dapat berkomunikasi secara online, forum publik untuk membahas celah, pintu belakang, bug dan kerentanan untuk secara teratur memberikan patch perbaikan secara tepat waktu. Dan dengan perkembangan web ini, dunia web akan semakin ramai hingga saat ini.
7. Sumber :  Slide Share...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar